Kampanye pemasaran Samsung yang
mengedepankan sosok selebriti boleh dikata berhasil meraih sukses.
Misalnya saja aksi selfie Elen Degeneres di malam Oscar, Maret lalu.
Gambar hasil jepretan Galaxy Note III itu menjadi foto yang paling banyak di-retweet sepanjang jaman.
Kesuksesan
Samsung dalam hal marketing tersebut rupanya membuat "sirik" rival
besarnya, Apple. Perusahaan berlambang buah itu kemudian memasang sebuah
lowongan untuk posisi baru bernama "Buzz Marketing Manager", hari Kamis
minggu lalu
Tugas si pemegang jabatan, sebagaimana dilansir Cnet, adalah "mengekspos produk Apple bersama pengguna
high-profile, terutama yang terlibat di film dan televisi, secara konstan dan meyakinkan".
Dengan
kata lain, "Buzz Marketing Manager" yang akan ditempatkan di New York,
Amerika serikat itu ditugasi mengekor cara Samsung mempromosikan
produk-produknya lewat selebriti.
Produk Apple selama ini banyak
ditampilkan lewat film dan televisi, namun perusahaan tersebut kurang
memperhatikan pemasaran lewat media sosial, yang ternyata bisa
dimanfaatkan dengan apik oleh Samsung.
Satu-satunya usaha Apple
dalam hal ini adalah kampanye iPhone 5C di Tumblr yang relatif kurang
terdengar. Belakangan, Apple rupanya mulai merasakan tekanan dari dana
marketing jutaan dollar AS yang digelontorkan Samsung.
Selain
itu, Apple juga berencana bekerjasama dengan acara TV demi menempatkan
produk di layar kaca dan menghadirkan bintang tamu di toko-toko Apple.
sumber : kompas.com